PERMAINAN UNTUK
PERKEMBANGAN MOTORIK AUD
- LOMPAT TALI -
1.
Nama
permainan
Nama
permainan : Lompat tali.
Ada
unsur meloncat, yaitu meloncat dari ketinggian sekitar 20-30 cm. Permainan ini
dapat meningkatkan perkembangan fisik anak karena menggerakkan badan dan kaki
dalam rangka meningkatkan keseimbangan, koordinasi, dan melatih keberanian
anak.
Selain
itu, secara tidak langsung anak juga belajar tentang berhitung dan
bersosialisasi (jika permainan tidak dilakukan sendiri). Anak berlajar
berhitung saat dia menghitung lompatan-lompatan yang dilakukannya. Anak
berlajar bersosialisasi saat anak bermain lompat tali bersama dengan temannya,
saat anak mengendalikan tali karet sementara temannya sedang melompatinya.
2.
Alat
yang digunakan
Alat-alat
yang digunakan dalam permainan lompat tali adalah sebagai berikut : tali (biasanya
menggunakan beberapa karet yang dirangkai, atau menggunakan tali khusus yang
biasa digunakan untuk bermain lompat tali).
3.
Cara
permainan dimainkan
Permainan
dimainkan dengan cara sebagai berikut :
a) Siapkan
tali yang akan digunakan untuk permainan Lompat tali.
b) Permainan
sebaiknya dilakukan di tempat yang luas di luar ruangan.
c) Ada
dua anak yang memegangi kedua ujung-ujung tali (dilakukan jika permainan dimainkan
oleh lebih dari satu anak, maka ada dua anak yang masing-masingnya menggenggam
kedua ujung tali. Sedangkan satu anak berada di tengah-tengah keduanya untuk
melompat di saat dua anak tadi mengayun tali tersebut. Jika dimainkan oleh
seorang anak, maka anak tersebut memgang kedua ujung tali itu sendiri dan
mengayunnya sendiri)
d) Anak
diberi aba-aba sebagai awal lompatan dalam permainan (1...2...3...).
e) Anak
melompat di saat tali diayun.
4.
Evaluasi
Adapun
evaluasi terhadap permainan adalah sebagai berikut :
a) Mula-mula
anak hanya diminta untuk melompat sekali sebagai permulaan.
b) Setelah
itu, anak diminta untuk melompat sebanyak lima kali.
c) Setelah
itu, anak diminta untuk melompat sebanyak sepuluh kali, dan lebih banyak lagi
dan seterusnya. Lompatan yang dilakukan anak juga dapat bervariasi, misalnya
melompat dengan dua kaki, melompat dengan satu kaki, melompat dengan posisi
berjongkok, melompat dengan posisi kedua tangan di depan dada, melompat sambil
berputar 180o dan sebagainya.
Saat
anak memainkan lompatannya, maka anak diambil nilai atau dievaluasi dengan cara
memperhatikan kesesuaian gerak lompat, keseriusan dan semangat anak, serta
keluwesan gerak lompatnya. Nilai yang diberikan sesuai dengan ketentuan yang
sudah ditentukan oleh pendidik atau guru atau yang menilai.
5.
Aspek
perkembangan
Adapun
aspek perkembangan yang ada dalam permainan lompat tali adalah :
a) Perkembangan
motorik kasar
Yaitu anak melakukan berbagai
kemampuan motorik kasar seperti melompat baik dengan dua kaki atau satu kaki,
bahkan sambil berjongkok dan berputar.
b) Perkembangan
motorik halus
Yaitu anak melakukan kemampuan
motorik halusnya saat dia memegangi kedua ujung tali dan selanjutnya
mengayunnya berkali-kali.
c) Perkembangan
sosial
Yaitu saat anak mau bersosialisasi
dengan teman bermainnya. Dan terjadi saat permainan ini dilakukan oleh lebih
dari satu anak.
d) Perkembangan
bahasa
Yaitu saat anak mau berbicara atau
berkomunikasi dengan teman bermainnya. Dan terjadi saat permainan ini dilakukan
oleh lebih dari satu anak.
e) Perkembangan
kognitif
Anak akan berpikir bagaimana
caranya agar dia mampu melewati ayunan tali kedua temannya dengan benar dan
tidak terhenti.
Tugas
Mata Kuliah MPK Motorik
Disusun
oleh :
1. CHOIRIN
NIDA (1601410002)
2. MUFIDA
MALIKHATUN N. (1601410003)
3. PUTRI
TALININGTYAS (1601410029)
4. YEFIE
VIRGIANA (1601410030)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar