Senin, 24 Maret 2014

Permainan Motorik AUD - Lompat Tali

PERMAINAN UNTUK PERKEMBANGAN MOTORIK AUD
- LOMPAT TALI -
1.      Nama permainan
Nama permainan : Lompat tali.
Ada unsur meloncat, yaitu meloncat dari ketinggian sekitar 20-30 cm. Permainan ini dapat meningkatkan perkembangan fisik anak karena menggerakkan badan dan kaki dalam rangka meningkatkan keseimbangan, koordinasi, dan melatih keberanian anak.
Selain itu, secara tidak langsung anak juga belajar tentang berhitung dan bersosialisasi (jika permainan tidak dilakukan sendiri). Anak berlajar berhitung saat dia menghitung lompatan-lompatan yang dilakukannya. Anak berlajar bersosialisasi saat anak bermain lompat tali bersama dengan temannya, saat anak mengendalikan tali karet sementara temannya sedang melompatinya.  

2.      Alat yang digunakan
Alat-alat yang digunakan dalam permainan lompat tali adalah sebagai berikut : tali (biasanya menggunakan beberapa karet yang dirangkai, atau menggunakan tali khusus yang biasa digunakan untuk bermain lompat tali).

3.      Cara permainan dimainkan
Permainan dimainkan dengan cara sebagai berikut :
a)      Siapkan tali yang akan digunakan untuk permainan Lompat tali.
b)      Permainan sebaiknya dilakukan di tempat yang luas di luar ruangan.
c)      Ada dua anak yang memegangi kedua ujung-ujung tali (dilakukan jika permainan dimainkan oleh lebih dari satu anak, maka ada dua anak yang masing-masingnya menggenggam kedua ujung tali. Sedangkan satu anak berada di tengah-tengah keduanya untuk melompat di saat dua anak tadi mengayun tali tersebut. Jika dimainkan oleh seorang anak, maka anak tersebut memgang kedua ujung tali itu sendiri dan mengayunnya sendiri)
d)     Anak diberi aba-aba sebagai awal lompatan dalam permainan (1...2...3...).
e)      Anak melompat di saat tali diayun.

4.      Evaluasi
Adapun evaluasi terhadap permainan adalah sebagai berikut :
a)      Mula-mula anak hanya diminta untuk melompat sekali sebagai permulaan.
b)      Setelah itu, anak diminta untuk melompat sebanyak lima kali.
c)      Setelah itu, anak diminta untuk melompat sebanyak sepuluh kali, dan lebih banyak lagi dan seterusnya. Lompatan yang dilakukan anak juga dapat bervariasi, misalnya melompat dengan dua kaki, melompat dengan satu kaki, melompat dengan posisi berjongkok, melompat dengan posisi kedua tangan di depan dada, melompat sambil berputar 180o dan sebagainya.
Saat anak memainkan lompatannya, maka anak diambil nilai atau dievaluasi dengan cara memperhatikan kesesuaian gerak lompat, keseriusan dan semangat anak, serta keluwesan gerak lompatnya. Nilai yang diberikan sesuai dengan ketentuan yang sudah ditentukan oleh pendidik atau guru atau yang menilai.

5.      Aspek perkembangan
Adapun aspek perkembangan yang ada dalam permainan lompat tali adalah :
a)      Perkembangan motorik kasar
Yaitu anak melakukan berbagai kemampuan motorik kasar seperti melompat baik dengan dua kaki atau satu kaki, bahkan sambil berjongkok dan berputar.
b)      Perkembangan motorik halus
Yaitu anak melakukan kemampuan motorik halusnya saat dia memegangi kedua ujung tali dan selanjutnya mengayunnya berkali-kali.
c)      Perkembangan sosial
Yaitu saat anak mau bersosialisasi dengan teman bermainnya. Dan terjadi saat permainan ini dilakukan oleh lebih dari satu anak.
d)     Perkembangan bahasa
Yaitu saat anak mau berbicara atau berkomunikasi dengan teman bermainnya. Dan terjadi saat permainan ini dilakukan oleh lebih dari satu anak.
e)      Perkembangan kognitif
Anak akan berpikir bagaimana caranya agar dia mampu melewati ayunan tali kedua temannya dengan benar dan tidak terhenti.


Tugas Mata Kuliah MPK Motorik
Disusun oleh :
1.    CHOIRIN NIDA (1601410002)
2.    MUFIDA MALIKHATUN N. (1601410003)
3.    PUTRI TALININGTYAS (1601410029)
4.    YEFIE VIRGIANA (1601410030)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar