DASAR-DASAR PAUD
ESSAY TENTANG TEORI DAN
MANFAATNYA DALAM MENGARAHKAN PRAKTIK PROFESI
Pengertian
Teori
Dalam Bahasa Inggris, teori dikenal
dengan sebutan theory.
Teori
Pendidikan
Antara teori dan
praktik pendidikan merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan, yang memiliki
hubungan komplementer, yang saling mengisi satu sama lainnya. Praktik
pendidikan seperti pelaksanaan pendidikan dalam lingkungan keluarga, pelaksanaan
pendidikan di sekolah, pelaksanaan pendidikan di masyarakat, dapat dijadikan
sumber dalam penyusunan suatu teori pendidikan. Suatu teori pendidikan dapat
dijadikan sebagai suatu pedoman dalam melaksanakan praktik pendidikan itu.
Gunning pernah
berkata, “Teori tanpa praktik adalah baik pada kaum cerdik cendekiawan dan
praktik tanpa teori hanyalah terdapat pada orang-orang gila dan para penjahat”.
3. Manfaat
Teori Pendidikan
Manfaat teori pendidikan
:
a) Memberi
arah serta tujuan mana yang akan dicapai
b) Untuk
memperkecil kesalahan dalam praktik
c) Sebagai
tolak ukur
4. Manfaat
Teori dalam Praktik Profesi
Menurut saya,
teori sangatlah penting dalam praktik profesi. Dalam praktik profesi, teori
akan digunakan sebagai pedoman dalam pelaksanaannya agar tidak melenceng dari
aturan dan tetap selaras dengan praktik profesi yang sudah ada sebelumnya.
Selain sebagai
pedoman, manfaat teori dalam praktik profesi adalah sebagai berikut :
a) Sebagai
pemberi arah serta tujuan dalam sebuah praktik profesi
b) Untuk
mencegah juga mengurangi kesalahan dan ralat dalam praktik profesi
c) Sebagai
tolak ukur, maksudnya sudah sejauh mana kita telah berhasil melaksanakan tugas
atau sesuatu dalam praktik profesi tersebut
5. Tanggapan
Tanggapan saya mengenai
ringkasan tentang Karakteristik Anak Usia Dini dengan buku pedoman
berjudul “Pengantar Ilmu Pendidikan”
adalah :
Saya
jadi mengerti tentang hubungan antara teori dengan praktik pendidikan. Di
halaman 24, dijelaskan hubungan antara
teori dengan praktik pendidikan dengan kata-kata yang mudah dimengerti.
Ditambah lagi dengan pendapat ahli yang makin menguatkan apa yang telah
dijelaskan. Seperti yang terdapat di
halaman 24, yaitu sebagai berikut :
“[Gunning
pernah berkata, “Teori tanpa praktik adalah baik pada kaum cerdik cendekiawan
dan praktik tanpa teori hanyalah terdapat pada orang-orang gila dan para
penjahat”.]”
Adapun kelemahan
mengenai buku pedoman yang saya gunakan adalah :
Buku
pedoman yang saya gunakan dalam menyusun essay ini tidak menjelaskan pengertian
teori terlebih dahulu. Buku ini langsung saja membahas apa yang sudah menjadi
tema. Hal itu menyulitkan pembaca yang kurang mengerti pengertian teori. Adapun
pengertian teori seperti yang saya kutip dari Wikipedia bahasa Indonesia,
ensiklopedia bebas adalah sebagai berikut :
“[Teori adalah
serangkaian bagian atau variabel, definisi, dan dalil yang saling berhubungan
yang menghadirkan sebuah pandangan sistematis mengenai fenomena dengan
menentukan hubungan antar variabel, dengan menentukan hubungan antar variabel,
dengan maksud menjelaskan fenomena alamiah. Labovitz dan Hagedorn
mendefinisikan teori sebagai ide pemikiran “pemikiran teoritis” yang mereka
definisikan sebagai “menentukan” bagaimana dan mengapa variable-variabel dan
pernyataan hubungan dapat saling berhubungan.]”
Sedangkan kelebihan
mengenai buku pedoman yang saya gunakan adalah :
Dalam
buku pedoman, hubungan antara teori dengan praktik pendidikan dijelaskan dengan
sangat baik. Apalagi dengan tambahan pendapat ahli yang ada di halaman 24 yang
makin menguatkan apa yang telah
dijelaskan. Hal itu memudahkan saya
dalam memahaminya.
Ditambah
lagi dengan penambahan pembahasan tentang manfaat teori pendidikan di halaman
25 yang membuat saya jadi mengerti tentang manfaat teori pendidikan. Adapun manfaat
teori pendidikan yang saya kutip dari buku “Pengantar Ilmu Pendidikan”adalah
sebagai berikut :
Kita
perlu memahami teori pendidikan, karena dengan teori tersebut akan memberikan
manfaat dalam hal :
a) Memberi
arah serta tujuan mana yang akan dicapai
b) Untuk
memperkecil kesalahan dalam praktik, atas dasar teori pendidikan, diketahui
mana yang boleh dan mana yang tidak boleh dilakukan
c) Berfungsi
sebagai tolok ukur, sejauh mana kita telah berhasil melaksanakan tugas dalam
pendidikan itu
6. Daftar
Pustaka
SM, Andre, La Onso Ib. Kamus Lengkap 600 Juta. Solo : Al-Hikmah
Munib, Achmad, dkk. Pengantar Ilmu Pendidikan. 2010. Semarang : UPT UNNES Press
Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia
bebas (2010). Teori sumber dari http://id.wikipedia.org/wiki/Teori
Tidak ada komentar:
Posting Komentar